Kamis, 21 Juni 2012

RPP EKONOMI X SMTR 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
SMA Negeri 1 MRANGGEN
Mata Pelajaran
:
Ekonomi
Kelas/Semester
:
X (sepuluh) / 1


Standar Kompetensi:
1.  Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya  dengan  kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.

Kompetensi Dasar   :
1.1 Mengidentifikasi kebutuhan manusia.

Indikator                  :  
1.   Mendeskripsikan pengertian kebutuhan.
2.   Mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan.
3.   Mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan.
4.   Mengidentifikasi pengertian benda pemuas kebutuhan.
5.   Mendeskripsikan macam-macam benda pemuas kebutuhan.
6.   Mendeskripsikan kegunaan benda pemuas kebutuhan.

Kecakapan Hidup    :
Menggali informasi, mengolah informasi, komunikasi lisan, komunikasi tertulis, mengidentifikasi variabel dan merumuskan hipotesis.

Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

A.     Tujuan Pembelajaran
a)    Siswa dapat mendeskripsikan pengertian .kebutuhan.
b)    Siswa dapat mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan.
c)     Siswa dapat mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan.
d)    Siswa dapat mengidentifikasi pengertian benda pemuas kebutuhan.
e)    Siswa dapat mendeskripsikan macam-macam benda pemuas kebutuhan.
f)     Siswa dapat mendeskripsikan kegunaan benda pemuas kebutuhan.

B.     Materi Pokok
    Kebutuhan manusia

C.     Uraian Materi
a)    Pengertian kebutuhan
b)    Macam-macam kebutuhan
c)     Hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan
d)    Pengertian benda pemuas kebutuhan
e)    Macam-macam benda pemuas kebutuhan
f)     Kegunaan benda pemuas kebutuhan


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhQ43_EIES3zQSEfWEuFlAD3xgWR1k0tBmngj50cdhi-GR37YWnhY53lrGyuEJGP70olpkdCtLBNzDFqQ3yET6ENNS66Wvk6VlUHk5BLbBNR1yHyD6G2zK8xv8hklchi2hlxCIPtFSX9czI/s400/biro+bangunan+rumah+hook+smg+01.jpg


Rumah merupakan kebutuhan pokok manusia
Dalam kehidupan manusia dihadapkan pada bermacam - macam kebutuhan.Kebutuhan manusia jumlahnya tak terbatas. kebutuhan yang sudah terpenuhi akan menyusul terpenuhinya kebutuhan-kebutuhan yang lain.Sedangkan kita dihadapkan pada sumber daya yang terbatas yang pada akhirnya akan menimbulkan pada kelangkaan ( Scarcity ).
A.  Kebutuhan
Kebutuhan
adalah sesuatu yang kita butuhkan dan harus dipenuhi untuk mempertahankan kelangsungan hidup. Contoh makanan, pakaian, dll
Keinginan
     adalah sesuatu yang ingin kita miliki, namun jika kita tidak mendapatkannya maka tidak akan mengganggu kelangsungan hidup contoh keinginan untuk berlibur



Keinginan untuk berlibur ditengah rutinitas sehari-hari.

Macam macam kebutuhan manusia

1.   Kebutuhan menurut intensitasnya :

a)   Kebutuhan mutlak
Adalah kebutuhan yang mau tidak mau harus dipenuhi setiap manusia jika tidak terpenuhi maka manusia mati contoh udara, air
b)   Kebutuhan primer
Adalah kebutuhan yang harus dipenuhi jika manusia ingin hidup layak contoh pakaian, makanan, kesehatan
c)   Kebutuhan sekunder
Adalah kebutuhan yang timbul setelah kebutuhan primer terpenuhi. Kebutuhan ini tidak sama antara satu orang dengan orang yang lain contoh mobil menjadi kebutuhan sekunder untuk orang kaya tetapi menjadi kebutuhan tersier untuk orang yang berpenghasilan sedang
d)   Kebutuhan tersier
Adalah kebutuhan  yang pemenuhannya setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi contoh mobil mewah, lukisan karya pelukis terkenal.
e)   Kebutuhan Quarter
Adalah kebutuhan  jika dipenuhi akan menimbulkan kerugian pada diri sendiri, contoh : Merokok, Minum- Minuman Keras dan Narkoba

2.   Kebutuhan menurut waktunya:

a)   Kebutuhan sekarang
Adalah kebutuhan yang tidak dapat ditunda dan harus dipenuhi sekarang juga, jika tidak terpenuhi maka akan mengancam kelangsungan hidup contoh obat untuk orang sakit.
b)   Kebutuhan yang akan datang
Adalah kebutuhan yang pemenuhannya dilakukan dikemudian hari, meskipun dapat dipersiapkan dari sekarang, contoh menabung untuk masa depan.

3.   Kebutuahan menurut sifatnya :

a)   Kebutuhan jasmani
Adalah kebutuhan yang berhubungan dengan fisik atau badan yaitu menjaga penampilan dan kesehatan contoh olah raga, makanan bergizi.

http://ts2.mm.bing.net/images/thumbnail.aspx?q=389567680049&id=e4dd4dd33ee4d54ccba7f1742e083ce4&index=ch1&url=http://siauliai.mok.lt/senukai/images/teamII.jpg
Olahraga merupakan kebutuhan jasmani manusia

b)   Kebutuhan rohani
Adalah kebutuhan yang berhubungan dengan kesehatan jiwa manusia sehingga dapat memberikan kepuasan batin. Contoh ibadah, hiburan, rekreasi.


Mengaji merupakan kebutuhan rohani bagi manusia

 
 










4.   Kebutuhan menurut subjeknya :

a)   Kebutuhan individu
Adalah kebutuhan yang mencakup hal-hal yang dirasakan setiap individu, antara satu sama lain bias berbeda.
b)   Kebutuhan kolektif
Adalah kebutuhan bersama dalam masyarakat dan dimanfaatkan untuk kepentingan bersama pula contoh Rumah sakit, tempat ibadah.
 







































B.  Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia
a.   Kondisi alam
b.   Peradaban
c.    Agama dan kepercayaan
d.   Adat dan istiadat
e.   Pendidikan
f.    Pekerjaan
g.   Penghasilan
h.   Usia
Kosmetika dan alat-alat kecantikan menjadi salah satu kebutuhan bagi wanita modern, faktor apa  saja yang mempengaruhi kebutuhan wanita modern akan kosmetika dan alat-alat kecantikan?

C.  Benda pemuas kebutuhan

Benda pemuas kebutuhan adalah segala sesuatu yang dapat memuaskan kebutuhan manusia .
Benda pemuas kebutuhan manusia pada dasarnya terdiri dari barang (goods) dan jasa (services)

Jenis benda pemuas kebutuhan

 






























Benda pemuas kebutuhan menurut cara mendapatkannya:
a.   Benda ekonomi
Adalah benda yang jumlahnya terbatas dan untuk mendapatkannya diperlukan pengorbanan biasanya dengan uang.
b.   Benda bebas
Adalah benda yang jumlahnya tidak terbatas di alam, maka kita dapat mengambilnya begitu saja tanpa perlu pengorbanan contoh air di laut
http://4.bp.blogspot.com/_TaaH5m_yaOA/TFeXfRk5CMI/AAAAAAAACWM/ylEw7-aL9fE/s1600/WARNA+AIR+LAUT.jpg
semua orang bebas mengambil air dilaut,
 sehingga air dilaut termasuk benda bebas
Benda pemuas kebutuhan menurut kegunaannya
a.   Benda konsumsi
Adalah benda yang dapat dapat langsung dipakai untuk memuaskan kebutuhan contoh makanan, pakaian.
b.   Benda produksi
Adalah benda yang digunakan untuk melaksanakan proses produksi, guna menghasilkan benda lain, contoh mesin-mesin untuk kegiatan produksi
Mesin termasuk barang produksi

Benda pemuas kebutuhan menurut proses produksi:
a.   Barang mentah
Adalah bahan dasar atau bahan pembuat benda pemuas kebutuhan. Contoh minyak bumi, kelapa sawit, tebu.
b.   Barang setengah jadi
Adalah hasil pengolahan bahan mentah
tapi belum menjadi produk akhir contoh kain.
c.    Barang jadi
Adalah produk akhir setelah melalui proses pengolahan dari bahan mentah dan barang setengah jadi.
Benda pemuas kebutuhan menurut hubungan dengan benda lain:
a.     Benda komplementer
Adalah benda pemuas kebutuhan yang akan bermanfaat jika dipakai bersama-sama dengan benda lainnya, contoh motor tidak akan bias berjalan tanpa bahan bakar.

b.     Benda substitusi
Adalah benda pemuas kebutuhan yang pemakaiannya dapat menggantikan benda lain, contoh pena dapat menggantikan pensil untuk menulis.

D.  Kegunaan benda pemuas kebutuhan

1.   Kegunaan bentuk (form utility)
Peningkatan kegunaan suatu benda yang disebabkan perubahan bentuk , contoh sebatang pohon akan meningkat kegunaannya bila diubah menjadi meja atau kursi.

2.   Kegunaan tempat (place utility)
Peningkatan kegunaan suatu benda yang disebabkan perubahan tempat, contoh pasir di sungai akan meningkat kegunaannya saat sudah berada di toko bangunan

3.     Kegunaan waktu (time utility)
Peningkatan kegunaan suatu benda saat di pakai pada waktu yang tepat dan sesuai dengan manfaat benda tersebut, contoh jas hujan akan lebih bermanfaat saat musim hujan.

4.     Kegunaan kepemilikan (ownership utility)
Peningkatan kegunaan suatu benda saat dimiliki oleh orang yang tepat, contoh sawah akan lebih bermanfaat jika dimiliki petani dibanding saat dimiliki seorang dokter.

D.     Pendekatan
    Kontekstual

E.      Metode Pembelajaran
    Tanya jawab, diskusi, ceramah bervariasi

F.      Skenario Pembelajaran
1.   Kegiatan Awal
a.   Apersepsi
Guru mengingatkan dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang kebutuhan siswa sendiri dan pengertian kebutuhan pada umumnya.
b.   Motivasi
                  Pemenuhan kebutuhan adalah salah satu kegiatan ekonomi yang sangat mendasar. Pada pemenuhan kebutuhan, terlihat sikap seseorang dalam perencanaan perjalanan hidupnya.
2.    Kegiatan Inti
a.     Eksplorasi
·   Siswa  diminta untuk mendeskripsikan pengertian kebutuhan melalui referensi
·   Siswa diminta menyebutkan macam-macam kebutuhan pribadi.
b.     Elaborasi
·         Memberikan kebebasan pada siswa untuk mendefinisikan pengertian kebutuhan.
·         Menjelaskan tentang macam-macam kebutuhan , alat pemuas kebutuhan dan kegunaannya.
c.     Konfirmasi
·         Siswa mampu mengklasifikasikan jenis kebutuhan berdasarkan tingkatannya
3.   Kegiatan Akhir
a.   Guru dan siswa melakukan refleksi
b.   Penilaian
·         Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
·         Lembar pengamatan (afektif)
·         Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi

G.     Sumber dan Alat
     Buku teks, LCD, spidol

H.     Penilaian
a.     Tes Lisan 
b.     Tes Tertulis : Pilihan Ganda dan Essay
  Jenis Tagihan :
  Contoh :

1.       Segala sesuatu yang diinginkan manusia tanpa mengganggu kelangsungan hidup manusia disebut…..
a)      Kebutuhan
b)      Keinginan
c)      Kelangkaan
d)      Kemauan
e)      Kehendak
2.       Menurut waktu pemenuhan belajar dan menuntut ilmu adalah kebutuhan….
a)      Sekarang
b)      Masa depan
c)      Sepanjang waktu
d)      Insidentil
e)      Tidak terduga
3.       Layang-layang baru dapat dimainkan jika sudah dipasang benang, maka benang disini untuk layang-layang termasuk benda….
a)      Bebas
b)      Konsumsi
c)      Produksi
d)      Substitusi
e)      Komplementer
4.       Berikut ini yang termasuk ownership utility yaitu….
a)      Batu dibuat arca
b)      Kayu dibawa dari hutan ke kota
c)      Cangkul dibeli untuk mencangkul
d)      Kendaraan bermotor dijual di toko
e)      Kayu sebagai bahan baku membuat meja
5.       Berikut ini yang termasuk kebutuhan primer adalah ....
a)      Pakaian dan Alat komunikasi
b)      Pakaian dan Alat transportasi
c)      Furniture dan Villa
d)      Villa dan Makanan bergizi
e)      Makanan bergizi dan Pakaia
6.       Coba kamu kemukakan penyebab perbedaan kebutuhan masing-masing individu.
7.       Sebutkan macam-macam kebutuhan berdasarkan sifatnya
8.         Jelaskan perbedaan antara kebutuhan dan keinginan!
9.         Pikirkan semua benda yang kamu butuhkan untuk menjalani aktivitasmu mulai dari bangun tidur sampai nanti tidur lagi, tuliskan dalam sebuah daftar!
10.      Jelaskan mengapa kebutuhan manusia selalu bertambah!


·                     Teknik Penilaian
Kunci  Jawaban : B, C, E, C E
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kebutuhan masing-0masing individu , antara lain agama, kondisi alam, kebudayaan, pendapatan dll.
Kebutuhan rohani dan jasmani.
·                     Skor Penilaian
              Nomor 1-5 : 10 x 5 =   50
                        6-10 :10 x 5 =   50
                        Total                        100


Demak, 11 Juli 2011
Mengetahui
Kepala SMA I Mranggen                                                  Guru Mata Pelajaran



Drs. Slamet Hartoyo                                                       Risa Ari Ani, SE
NIP. 195608131988031004                                             NIP. 19840130200604200


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah
:
SMA Negeri 1 MRANGGEN
Mata Pelajaran
:
Ekonomi
Kelas/Semester
:
X (sepuluh) / 1

Standar Kompetensi      : 1.   Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya  dengan  kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.                                              

Kompetensi Dasar         :  1.2 Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan  kebutuhan manusia yang tak terbatas.

Indikator                     : 1. Mendeskripsikan pengertian kelangkaan.
                                      2. Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kelangkaan.
  3. Mengidentifikasi pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak.
                                      4. Bersikap rasional dalam menyikapi berbagai pilihan.

Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

A.     Tujuan Pembelajaran

a)    Siswa dapat mendeskripsikan pengertian kelangkaan.
b)    Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kelangkaan.
c)     Siswa dapat mengidentifikasi mengidentifikasi pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak.
d)    Siswa dapat bersikap rasional dalam menyikapi berbagai pilihan.

B.     Kecakapan Hidup

Menggali informasi,  mengolah informasi , komunikasi lisan, komunikasi tertulis, mengidentifikasi variabel dan merumuskan hipotesis

C.     Materi Pokok

    Kelangkaan dan pengalokasian sumber daya ekonomi

D.     Uraian Materi
a)    Pengertian kelangkaan
b)    Penyebab kelangkaan
c)     Penentuan alokasi sumber daya ekonomi
d)    Sikap rasional dalam memenuhi kebutuhan

Kelangkaan(Scarcity) dan biaya peluang

Kelangkaan adalah kondisi  dimana  kita tidak mempunyai cukup sumber daya untuk memenuhi kebutuhan kita.
Faktor-faktor penyebab kelangkaan :
1.   Kebutuhan manusia terus meningkat sedangkan sumber daya alam baru belum ditemukan
2.   Sebagian besar manusia memiliki sifat serakah, akibatnya persediaan sumber daya alam cepat berkurang dan rusak
3.   Persediaan sumber daya alam terbatas
4.   Kemampuan manusia mengolah sumber daya alam terbatas










Alokasi Sumber Daya
1.   Sumber Daya Modal
Macam – macam modal




 




























2.   Sumber Daya Manusia
Macam-macam tenaga kerja :
a.   Tenaga kerja tidak terdidik  dan tidak terlatih
b.   Tenaga kerja terdidik dan terlatih
c.   Tenaga kerja terlatih
Tenaga kerja terlatih
3.   Sumber Daya Alam
Macam-macam sumber daya alam : Energi, Tambang, Udara, Hutan, Air, Tanah
Hutan merupakan SDA yang perlu dijaga kelestariannya


E.      Pendekatan
    Kontekstual

F.      Metode Pembelajaran
    Diskusi kelompok dan studi kepustakaan



G.     Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
        a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang kebutuhan. Banyak kebutuhan yang tidak terpenuhi karena keterbatasan sumber daya ekonomi. Kemudian guru mempersilahkan siswa memasuki ruang audio visual untuk melihat tayangan yang berhubungan dengan masalah kelangkaan. Selama kegiatan tersebut, guru menghimbau siswa untuk mencatat hal-hal yang penting.
b. Motivasi
            Masalah kelangkaan adalah inti dari pembahasan mengenai masalah ekonomi.
2. Kegiatan Inti
    Eksplorasi
w  Memberikan kebebasan pada siswa untuk mencari definisi kelangkaan
w  Memberikan konsep mengenai pengertian kelangkaan, faktor-faktor penyebab kelangkaan, pengalokasian sumber daya.
        Elaborasi
w       Mendiskusikan cara-cara mengatasi kelangkaan

        Konfirmasi
w       Siswa mampu menyebutkan cara-cara mengatasi kelangkaan.
w       Menugaskan siswa mencari faktor-faktor penyebab kelangkaan di lingkungan sekitar.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
      Hasil kerja kelompok (kognitif)
·                     Lembar pengamatan (afektif)
·                     Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.
d. Siswa diberi tugas untuk mencari artikel koran dan majalah yang berkaitan dengan masalah kelangkaan.


H.     Sumber dan Alat
    Buku teks, OHP, spidol

I.       Penilaian
Tes Lisan 
Tes Tertulis   : Pilihan Ganda dan Essay
    Contoh :
·         Jenis Tagihan :

Pilih satu jawaban yang paling tepat !
1.    Segala sesuatu yang harus dipenuhi agar kelangsungan hidup manusia tidak terganggu disebut…..
a.      Kelangkaan                                                    d. kebutuhan
b.      Kemakmuran                                                  e. Kemampuan
c.      Keinginan
2.    Kebutuhan yang menyangkut hubungan antar manusia dalam masyarakat karena manusia tidak dapat hidup sendiri disebut kebutuhan….
a.      Kebutuhan jasmani                                         d. Kebutuhan psikologis
b.      Kebutuhan rohani                                           e. Kebutuhan kolektif
c.      Kebutuhan social
3.    Mobil mewah dan kapal pesiar bagi orang kaya termasuk kebutuhan….
a.      Mutlak                                                             d. Tersier
b.      Primer                                                              e. Rohani
c.      Sekunder
4.    Tukang ojek membutuhkan sepeda motor untuk menjalankan usaha jasanya sehingga sepeda motor merupakan kebutuhan....
a.      Mutlak                                                              d. Tersier
b.      Primer                                                               e. Rohani
c.      Sekunder
5.    Pernyataan dibawah ini yang bukan merupakan faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia adalah...
a.      Keadaan alam dimana manusia tinggal
b.    Sifat alami manusia yang selalu merasa cukup
c.      Adanya perdagangan internasional
d.      Adat istiadat lingkungan sekitar
e.      Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
6.    Menjelang hari Raya Idul Adha , kebutuhan akan kambing kurban meningkat tajam melebihi hari-hari biasa.Hal tersebut menunjukkan bahwa kebutuhan manusia dipengaruhi oleh...
a.      Adat istiadat                                                       d. Teknologi
b.      Peradaban                                                           e. Keadaan alam
c.      Agama dan kepercayaan
7.    Layang layang tidak akan dapat diterbangkan tanpa adanya benang , layang layang dan benang termasuk benda....
a.      Benda ekonomi                                                  d. Benda komplementer
b.      Benda non ekonomi                                           e. Benda produksi
c.      Benda substitusi
8.    Tanah dan rumah dapat digunakan sebagai jaminan kredit jangka panjang, tanah dan rumah termasuk barang...
a.      Berharga                                                            d. Modal
b.      Bergerak                                                             e. Mahal
c.      Tak bergerak
9.    Berikut yang termasuk benda ekonomi dibawah ini adalah....
a.      Es di kutub                                                         d. Air di danau
b.      Pasir di sungai                                                    e. Ikan di laut
c.      Ikan di warung
10. Tanah akan lebih bermanfaat jika dimiliki oleh seorang petani dibandingkan jika dimiliki seorang dokter.Peningkatan kegunaan karena benda tertentu dimiliki orang yang tepat dalam memenuhi kebutuhannya disebut…
a.      Place utility                                                       d. Form utility
b.    Time utility                                                        e. Ownership utility
c.      Service utility


1.       Jelaskan definisi kelangkaan dalam ilmu ekonomi!
2.       Sebutkan factor-faktor penyebabkan kelangkaan!
3.       Sebutkan sumber daya yang mendatangkan manfaat hidup rakyat banyak!
4.       Golongkan macam-macam sumber daya mana yang sebaiknya dikelola Negara  dan mana yang sebaiknya dikelola swasta, beri alasannya!
5.       Jelaskanlah cara yang harus dilakukan seseorang dalam menghadapi berbagai pilihan dan pada akhirnya mengambil keputusan!

·         Teknik Penilaian
Penugasan

Demak, 11 Juli 2011
Mengetahui
Kepala SMA I Mranggen                                                  Guru Mata Pelajaran



Drs. Slamet Hartoyo                                                       Risa Ari Ani, SE
NIP. 195608131988031004                                             NIP. 19840130200604200


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah
:
SMA Negeri 1 MRANGGEN
Mata Pelajaran
:
Ekonomi
Kelas/Semester
:
X (sepuluh) / 1



Standar Kompetensi     :1.    Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya  dengan  kebutuhan manusia,  kelangkaan dan sistem ekonomi.
                                        
Kompetensi Dasar      : 1.3 Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi.

Indikator                     : 1. Mendeskripsikan barang apa yang diproduksi.
2. Mendeskripsikan bagaimana cara memproduksi barang.
                                      3. Mendeskripsikan untuk siapa barang diproduksi.
                                   
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

A.     Tujuan Pembelajaran
a)    Siswa dapat mendeskripsikan barang apa yang diproduksi.
b)    Siswa dapat mendeskripsikan bagaimana cara memproduksi barang.
c)     Siswa dapat mendeskripsikan untuk siapa barang diproduksi.

B.     Kecakapan Hidup
Menggali informasi,  mengolah informasi , komunikasi lisan, komunikasi tertulis, mengidentifikasi variabel dan merumuskan hipotesis

C.     Materi Pokok
Masalah ekonomi tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi.

D.      Uraian Materi
a)     Barang apa yang akan diproduksi dan berapa jumlahnya.
b)     Bagaimana cara memproduksi barang.
c)      Untuk siapa barang tersebut diproduksi.

Pokok Permasalahan Ekonomi

1.   Masalah Pokok Ekonomi Menurut Aliran Klasik

Ekonomi klasik diawali oleh Adam Smith. Menurut Adam smith kemakmuran tidak terletak pada emas, melainkan pada barang-barang. Kemakmuran menunjukkan suatu keadaan yang seimbang antara kebutuhan dengan benda pemuas kebutuhan. Proses untuk mencapai suatu masyarakat tidaklah mudah. Hal ini yang menjadi masalah pokok ekonomi di masyarakat.
        Menurut teori ilmu ekonomi klasik, masalah pokok ekonomi dapat digolongkan menjadi tiga permasalahan penting, yaitu masalah produksi, masalah distribusi dan masalah konsumsi.
a.   Masalah produksi

Kegiatan produksi

Untuk mencapai kemakmuran, barang-barang kebutuhan harus tersedia ditengah masyarakat. Karena masyarakat sangat heterogen, maka barang-barang yang tersediapun beragam jenisnya sehingga muncul permasalahan bagi produsen, yaitu barang apa saja yang diproduksi.

b.   Masalah Distribusi

Agar barang/jasa yang telah dihasilkan dapat sampai pada orang yang tepat, dibutuhkan sarana dan prasarana distribusi yang baik. Contoh, dari kebun hasil panen perlu alat angkut yang ditunjang prasarana jalan yang baik agar hasil panen cepat sampai ke tanggan konsumen dan tidak tertimbun diprodusen

Kegiatan distribusi
c.   Masalah Konsumsi

Permasalah yang muncul dalam masalah konsumsi adalah apakah barang tersebut akan dikonsumsi dengan tepat oleh masyarakat yang benar-benar membutuhkannya atau menjadi sia-sia karena tidak terjangkau oleh masyarakat sehingga proses konsumsi tidak berjalan sebagamana mestinya.

Kegiatan konsumsi

2.   Masalah Pokok Ekonomi Menurut Aliran Modern

Permasalahan ekonomi menurut aliran modern ini mempunyai masalah paling sedikitnya tiga masalah pokok yang dihadapi setiap perekonomian dan harus dipecahkan oleh masyarakat sebagai subjek ekonomi.

a.   Barang dan jasa apa yang akan diproduksi dan berapa banyak? (What and How Much? )

            Masyarakat dapat memilih satu atau beberapa jenis barangdan jasa yang akan diproduksi dengan perbandingan tertentu. Pilihan yang dilakukan masyarakat ini tentunya yangdipandang paling menguntungkan dan memeberikan manfaat yang paling besar bagi masyarakat guna memenuhi kebutuhan.
b.   Bagaimana cara memproduksinya? (How? )

            Pertanyaan ini menyangkut teknik produksi yang diterapkan dan kemampuan mengombinasikan faktor-faktor produksi atau sumber daya yang ada dalam proses produksi.

c.   Untuk siapa barang atau jasa dihasilkan? ( for Whom? )

            Pertanyaan ini menyangkut masalah untuk siapa atau lapisan masyarakat mana yang menikmati barang dan jasa yang diproduksi. Apakah setiap warga mendapat bagian yang sama atau berbeda?.

Ketiga masalah diatas yaitu what, how, dan for whom bersifat fundamental dan bersifat kait-mengkait satu dengan yang lainnya serta selalu dihadapi oleh setiap negara, baik negara sedang berkembang maupun negara yang sudah maju.

E.      Pendekatan
      Kontekstual

F.      Metode Pembelajaran
      Diskusi kelompok dan studi kepustakaan


G.     Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang kelangkaan. Kemudian guru mengaitkan masalah kelangkaan tersebut dengan masalah tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi serta memberi penjelasan yang singkat dan jelas tentang materi yang baru dan kompetensi yang harus dikuasai.
b. Motivasi
            Masalah tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi adalah masalah ekonomi yang paling mendasar, sehingga harus dipahami dengan tuntas.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
·     Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 10-12 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
Elaborasi
·     Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan barang apa yang diproduksi.
·     Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan bagaimana cara memproduksi.
·     Kelompok ketiga diberi tugas untuk mendeskripsikan untuk siapa barang barang diproduksi.
Konfirmasi
·     Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
·     Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
·     Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
·     Lembar pengamatan (afektif)
·     Lembar pengamatan (psiko motorik)
d.     Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.

H.     Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol


I.      Penilaian
Tes Lisan 
Tes Tertulis   : Pilihan Ganda dan Essay
    Contoh :
·         Jenis Tagihan :


Jelaskan persoalan pokok ekonomi!
Jelaskan permasalah pokok ekonomi klasik!
Jelaskan pokok permasalah ekonomi modern!




Demak, 11 Juli 2011
Mengetahui
Kepala SMA I Mranggen                                                  Guru Mata Pelajaran



Drs. Slamet Hartoyo                                                       Risa Ari Ani, SE
NIP. 195608131988031004                                             NIP. 1984013020060420












                                               RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN          
(RPP)

Sekolah
:
SMA Negeri 1 MRANGGEN
Mata Pelajaran
:
Ekonomi
Kelas/Semester
:
X (sepuluh) / 1

Standar Kompetensi      : 1.   Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya  dengan kebutuhan manusia,kelangkaan dan sistem ekonomi                                                    .

Kompetensi Dasar         : 1.4 Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain.

Indikator                     : 1. Membedakan biaya sehari-hari dengan biaya peluang
                                      2. Kurva kemungkinan produksi

Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)     Siswa dapat membedakan biaya sehari-hari dengan biaya peluang.
b)     Siswa dapat menjelaskan konsep yang terdapat pada kurva kemungkinan produksi.

B. Kecakapan Hidup
Menggali informasi,  mengolah informasi , komunikasi lisan, komunikasi tertulis, mengidentifikasi variabel dan merumuskan hipotesis

C. Materi Pokok
    Hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain.

D. Uraian Materi
a)    Arti biaya sehari-hari dan biaya peluang
b)    Kurva kemungkinan produksi

Menentukan Pilihan

Manusia dalam memenuhi kebutuhannya tidak dapat terlepas dari sumberdaya dan alat pemuas kebutuhan yang ada. Namun dalam pemenuhannya terbentur pada keterbatasan sumber daya dan alat pemuas kebutuhan.  Dalam menentukan pilihan dari berbagai alternatif kita harus berusaha memilih berbagai alternatif yang dapat memenuhi kebutuhan untuk mencapai kepuasan. Agar kebutuhan seseorang terpenuhi dibutuhkan berbagai kombinasi sehingga kepuasan bisa tercapai.

Dalam menentukan pilihan dikenal macam-macam  biaya yaitu:
Biaya adalah segala sesuatu yang kita korbankan atau keluarkan untuk memperoleh sesuatu(dapat berkaitan dengan uang atau tidak)
Biaya langsung adalah biaya yang berhubungan dengan uang
Biaya peluang adalah pengorbanan yang dilakukan seseorang karena mengambil sebuah alternative pilihan keputusan.
Biaya sehari-hari adalah biaya yang dikeluarkan secara rutin untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia yang vital.

Ciri khas biaya sehari-hari
Ciri khas biaya peluang
§ Merupakan prioritas pengeluaran
§  Perhitungan biaya peluang tidak selalu berhubungan dengan uang, bias berupa waktu, kesenangan, keuntungan dimasa depan, dll
§ Harus dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan yang tidak bias ditunda
§  Memiliki banyak kemungkinan penggunaan
§ Bila perlu mengorbankan kepentingan lain
§  Pengambilan keputusan biaya peluang tergantung pada tujuan dan situasi individu


Contoh !

Seorang ibu rumah tangga mempunyai uang Rp 1.750.000 sebulan. Dari uang tersebut jika dibuat perhitungan biaya sehari-hari dan peluang adalah sebagai berikut :

No
Macam – Macam Biaya
Jumlah  Pengeluaran           ( Rp. )
1
Biaya   Sehari – hari
·    Makan Selama satu Bulan
·    Membayar listrik dan air
·    Biaya sekolah 3 anak
·    Transportasi
·    Lain – lain


Rp.700,000,-

Rp. 250,000,-
Rp. 350.000,-
Rp. 300,000,-
Rp.150.000,
Total Pengeluaran
Rp. 1.750,000,-
2
Biaya Peluang
Ø Rekreasi keluarga
Ø Baju Baru
Ø Sepatu dan sandal
Ø Handphone

Rp. 500,000,-
Rp. 200,000,-
Rp. 300,000,-
Rp.750,000,-
Total Pengeluaran
Rp. 1.750,000,-

E. Pendekatan
     Kontekstual

F. Metode Pembelajaran
    Diskusi kelompok

G. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang kelangkaan yang menyebabkan individu harus membuat pilihan. Kemudian guru mengaitkan materi tersebut dengan hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain serta memberi penjelasan yang singkat dan jelas tentang materi yang baru dan kompetensi yang harus dikuasai.
b. Motivasi
            Pemahaman mengenai konsep biaya peluang dan kurva kemungkinan produksi sangat diperlukan untuk mempermudah pemahaman materi selanjutnya.
2. Kegiatan Inti
    Eksplorasi
·      Siswa dikelompokkan menjadi enam kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
Elaborasi
·     Kelompok pertama diberi tugas untuk  mendeskripsikan pengertian biaya.
·     Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan pengertian biaya peluang.
·     Kelompok ketiga diberi tugas untuk mencari perbedaan biaya sehari-hari dengan biaya peluang.
·     Kelompok keempat diberi tugas untuk mendeskripsikan pengertian laba akuntansi dan laba ekonomi.
·     Kelompok kelima diberi tugas untuk membuat contoh soal tentang laba akuntansi dan laba ekonomi.
Konfirmasi
·     Kelompok keenam diberi tugas untuk menjelaskan konsep yang terdapat pada kurva kemungkinan produksi.
·     Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
·     Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
·         Hasil kerja kelompok (kognitif)
·         Lembar pengamatan (afektif)
·         Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.
d. Siswa diberi tugas untuk mencari artikel koran dan majalah yang berkaitan dengan masalah kelangkaan.


H.Sumber dan Alat
     Buku teks, LCD, spidol

I.Penilaian
c.     Tes Lisan 
d.     Tes Tertulis : Pilihan Ganda dan Essay
  Jenis Tagihan :
  Contoh :

Pilih salah satu jawaban yang kamu anggap paling tepat!

1.    Biaya yang dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia yang vital secara rutin adalah…
a.    Biaya sehari-hari                                  d. Marginal cost
b.    Biaya peluang                                       e. Scarcity problem
c.     Pengorbanan ekonomi
2.    Suatu pengorbanan yang harus dilakukan karena dipilihnya suatu alternative tertentu diantara berbagai pilihan ekonomi disebut….
a.    Biaya sehari-hari                                  d. Marginal cost
b.    Biaya peluang                                       e. Scarcity problem
c.     Pengorbanan ekonomi
3.    Opportunity cost adalah…
a.    Sumberdaya yang hanya dapat digunakan untuk satu tujuan
b.    Biaya yang dikorbankan untuk memenuhi kebutuhan yang lain
c.     Biaya yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan yang lain
d.    Biaya yang dikeluarkan setiap hari untuk memenuhi kebutuhan
e.    Sumberdaya yang digunakan untuk berbagai kebutuhan
4.    Berikut ini merupakan ciri-ciri system ekonomi:
1)                  Kegiatan ekonomi bertumpu pada sector agraris
2)                  Tidak mengenal spesialisasi
3)                  Semua barang modal milik pemerintah
4)                  Tidak mengenal hak milik pribadi
Ciri system ekonomi terpusat ditunjukkan oleh nomor…
a.    1 dan 3                     d. 2 dan 3
b.    1 dan 4                     e. 3 dan 4
c.     1 dan 2
5.    Salah satu ciri system ekonomi campuran adalah…
a.    Setiap orang bebas memiliki barang modal
b.    Kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan sendiri
c.     Pemerintah mengatur sector vital dan swasta yang tidak vital
d.    Tidak mengenal teknologi dan perdagangan
e.    Masyarakat tidak memiliki kebebasan
6.    Sebagai penyedia tenaga kerja kepada rumah tangga produksi  maka rumah tangga konsumsi berhak menerima…
a.    Laba                                d. Sewa
b.    Komisi                            e. Upah
c.     Bunga
7.    What adalah salah satu masalah ekonomi modern yang merujuk pada…
a.    Barang dan jasa apa serta seberapa banyak harus diproduksi
b.    Bentuk dan macam barang yang akan diproduksi
c.     Kombinasi sumber daya dan teknik yang akan digunakan
d.    Seberapa banyak kebutuhan yang harus dipenuhi
e.    Kapan barang dan jasa harus diproduksi


8.    Salah satu ciri system ekonomi pasar adalah…
a.    Setiap orang bebas memiliki barang modal
b.    Kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan sendiri
c.     Pemerintah mengatur sector vital dan swasta yang tidak vital
d.    Tidak mengenal teknologi dan perdagangan
e.    Masyarakat tidak memiliki kebebasan
9.    Sebagai pemasok modal kepada rumah tangga produksi  maka rumah tangga konsumsi berhak menerima…
a.    Laba                          d. Sewa
b.    Komisi                      e. Upah
c.     Bunga
10. How adalah salah satu masalah ekonomi modern yang merujuk pada…
a.    Barang dan jasa apa serta seberapa banyak harus diproduksi
b.    Bentuk dan macam barang yang akan diproduksi
c.     Kombinasi sumber daya dan teknik yang akan digunakan
d.    Seberapa banyak kebutuhan yang harus dipenuhi
e.    Kapan barang dan jasa harus diproduksi





Demak, 11 Juli 2011
Mengetahui
Kepala SMA I Mranggen                                                  Guru Mata Pelajaran



Drs. Slamet Hartoyo                                                       Risa Ari Ani, SE
NIP. 195608131988031004                                             NIP. 19840130200604200

Tidak ada komentar:

Posting Komentar