RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMA
Negeri 1 MRANGGEN
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Ekonomi
|
Kelas/Semester
|
:
|
X (sepuluh) / 1
|
Standar Kompetensi:
1. Memahami
permasalahan ekonomi dalam kaitannya
dengan kebutuhan manusia,
kelangkaan dan sistem ekonomi.
Kompetensi Dasar :
1.1
Mengidentifikasi kebutuhan manusia.
Indikator :
1. Mendeskripsikan pengertian kebutuhan.
2. Mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan.
3. Mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi
kebutuhan.
4. Mengidentifikasi pengertian benda pemuas
kebutuhan.
5. Mendeskripsikan macam-macam benda pemuas
kebutuhan.
6. Mendeskripsikan kegunaan benda pemuas kebutuhan.
Kecakapan Hidup
:
Menggali informasi, mengolah informasi, komunikasi lisan, komunikasi
tertulis, mengidentifikasi variabel dan merumuskan hipotesis.
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat mendeskripsikan pengertian .kebutuhan.
b) Siswa dapat mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan.
c) Siswa dapat mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan.
d) Siswa dapat mengidentifikasi pengertian benda pemuas kebutuhan.
e) Siswa dapat mendeskripsikan macam-macam benda pemuas kebutuhan.
f) Siswa dapat mendeskripsikan kegunaan benda pemuas kebutuhan.
B. Materi Pokok
Kebutuhan manusia
C. Uraian Materi
a)
Pengertian
kebutuhan
b)
Macam-macam
kebutuhan
c)
Hal-hal
yang mempengaruhi kebutuhan
d)
Pengertian
benda pemuas kebutuhan
e)
Macam-macam
benda pemuas kebutuhan
f)
Kegunaan
benda pemuas kebutuhan
Rumah merupakan
kebutuhan pokok manusia
|
Dalam kehidupan manusia dihadapkan pada
bermacam - macam kebutuhan.Kebutuhan manusia jumlahnya tak terbatas. kebutuhan
yang sudah terpenuhi akan menyusul terpenuhinya kebutuhan-kebutuhan yang
lain.Sedangkan kita dihadapkan pada sumber daya yang terbatas yang pada
akhirnya akan menimbulkan pada kelangkaan ( Scarcity ).
A. Kebutuhan
Kebutuhan
adalah sesuatu yang
kita butuhkan dan harus dipenuhi untuk mempertahankan kelangsungan hidup.
Contoh makanan, pakaian, dll
Keinginan
adalah sesuatu yang ingin kita miliki, namun
jika kita tidak mendapatkannya maka tidak akan mengganggu kelangsungan hidup
contoh keinginan untuk berlibur
Keinginan untuk
berlibur ditengah rutinitas sehari-hari.
Macam macam
kebutuhan manusia
1. Kebutuhan menurut intensitasnya :
a) Kebutuhan mutlak
Adalah kebutuhan yang mau tidak mau harus
dipenuhi setiap manusia jika tidak terpenuhi maka manusia mati contoh udara,
air
b) Kebutuhan primer
Adalah kebutuhan yang harus dipenuhi jika
manusia ingin hidup layak contoh pakaian, makanan, kesehatan
c) Kebutuhan sekunder
Adalah kebutuhan yang timbul setelah
kebutuhan primer terpenuhi. Kebutuhan ini tidak sama antara satu orang dengan
orang yang lain contoh mobil menjadi kebutuhan sekunder untuk orang kaya tetapi
menjadi kebutuhan tersier untuk orang yang berpenghasilan sedang
d) Kebutuhan tersier
Adalah kebutuhan yang pemenuhannya setelah kebutuhan primer
dan sekunder terpenuhi contoh mobil mewah, lukisan karya pelukis terkenal.
e) Kebutuhan Quarter
Adalah kebutuhan jika dipenuhi akan menimbulkan kerugian pada
diri sendiri, contoh : Merokok, Minum- Minuman Keras dan Narkoba
2. Kebutuhan menurut waktunya:
a) Kebutuhan sekarang
Adalah kebutuhan yang tidak dapat ditunda
dan harus dipenuhi sekarang juga, jika tidak terpenuhi maka akan mengancam
kelangsungan hidup contoh obat untuk orang sakit.
b) Kebutuhan yang akan datang
Adalah kebutuhan yang pemenuhannya dilakukan
dikemudian hari, meskipun dapat dipersiapkan dari sekarang, contoh menabung
untuk masa depan.
3. Kebutuahan menurut sifatnya :
a) Kebutuhan jasmani
Adalah kebutuhan yang berhubungan dengan
fisik atau badan yaitu menjaga penampilan dan kesehatan contoh olah raga,
makanan bergizi.
Olahraga merupakan kebutuhan jasmani manusia
|
b) Kebutuhan rohani
Adalah kebutuhan yang berhubungan dengan
kesehatan jiwa manusia sehingga dapat memberikan kepuasan batin. Contoh ibadah,
hiburan, rekreasi.
|
4. Kebutuhan menurut subjeknya :
a) Kebutuhan individu
Adalah kebutuhan yang mencakup hal-hal yang
dirasakan setiap individu, antara satu sama lain bias berbeda.
b) Kebutuhan kolektif
Adalah kebutuhan bersama dalam masyarakat
dan dimanfaatkan untuk kepentingan bersama pula contoh Rumah sakit, tempat
ibadah.
B. Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia
a. Kondisi alam
b. Peradaban
c. Agama dan kepercayaan
d. Adat dan istiadat
e. Pendidikan
f. Pekerjaan
g. Penghasilan
h. Usia
Kosmetika dan
alat-alat kecantikan menjadi salah satu kebutuhan bagi wanita modern, faktor
apa saja yang mempengaruhi kebutuhan
wanita modern akan kosmetika dan alat-alat kecantikan?
C. Benda pemuas kebutuhan
Benda pemuas kebutuhan adalah segala sesuatu yang dapat
memuaskan kebutuhan manusia .
Benda pemuas kebutuhan manusia pada dasarnya terdiri
dari barang (goods) dan jasa (services)
Jenis
benda pemuas kebutuhan
Benda pemuas kebutuhan menurut cara mendapatkannya:
a. Benda ekonomi
Adalah benda yang
jumlahnya terbatas dan untuk mendapatkannya diperlukan pengorbanan biasanya
dengan uang.
b. Benda bebas
Adalah benda yang
jumlahnya tidak terbatas di alam, maka kita dapat mengambilnya begitu saja
tanpa perlu pengorbanan contoh air di laut
semua
orang bebas mengambil air dilaut,
sehingga air dilaut termasuk benda bebas
Benda pemuas kebutuhan menurut kegunaannya
a. Benda konsumsi
Adalah benda yang
dapat dapat langsung dipakai untuk memuaskan kebutuhan contoh makanan, pakaian.
b. Benda produksi
Adalah benda yang
digunakan untuk melaksanakan proses produksi, guna menghasilkan benda lain,
contoh mesin-mesin untuk kegiatan produksi
Mesin termasuk barang produksi
Benda pemuas kebutuhan menurut proses produksi:
a. Barang mentah
Adalah bahan dasar
atau bahan pembuat benda pemuas kebutuhan. Contoh minyak bumi, kelapa sawit,
tebu.
b. Barang setengah jadi
Adalah hasil
pengolahan bahan mentah
tapi belum menjadi
produk akhir contoh kain.
c. Barang jadi
Adalah produk akhir
setelah melalui proses pengolahan dari bahan mentah dan barang setengah jadi.
Benda pemuas kebutuhan menurut hubungan dengan benda
lain:
a. Benda komplementer
Adalah benda pemuas
kebutuhan yang akan bermanfaat jika dipakai bersama-sama dengan benda lainnya,
contoh motor tidak akan bias berjalan tanpa bahan bakar.
b. Benda substitusi
Adalah benda pemuas
kebutuhan yang pemakaiannya dapat menggantikan benda lain, contoh pena dapat
menggantikan pensil untuk menulis.
D. Kegunaan benda pemuas kebutuhan
1. Kegunaan bentuk (form utility)
Peningkatan kegunaan
suatu benda yang disebabkan perubahan bentuk , contoh sebatang pohon akan
meningkat kegunaannya bila diubah menjadi meja atau kursi.
2. Kegunaan tempat (place utility)
Peningkatan kegunaan
suatu benda yang disebabkan perubahan tempat, contoh pasir di sungai akan
meningkat kegunaannya saat sudah berada di toko bangunan
3. Kegunaan waktu (time utility)
Peningkatan kegunaan
suatu benda saat di pakai pada waktu yang tepat dan sesuai dengan manfaat benda
tersebut, contoh jas hujan akan lebih bermanfaat saat musim hujan.
4. Kegunaan kepemilikan (ownership utility)
Peningkatan kegunaan
suatu benda saat dimiliki oleh orang yang tepat, contoh sawah akan lebih
bermanfaat jika dimiliki petani dibanding saat dimiliki seorang dokter.
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, ceramah bervariasi
F.
Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengingatkan dan mengembangkan pengetahuan siswa
tentang kebutuhan siswa sendiri dan pengertian kebutuhan pada umumnya.
b. Motivasi
Pemenuhan
kebutuhan adalah salah satu kegiatan ekonomi yang sangat mendasar. Pada
pemenuhan kebutuhan, terlihat sikap seseorang dalam perencanaan perjalanan
hidupnya.
2.
Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
· Siswa diminta untuk mendeskripsikan
pengertian kebutuhan melalui referensi
· Siswa diminta menyebutkan macam-macam kebutuhan pribadi.
b. Elaborasi
·
Memberikan
kebebasan pada siswa untuk mendefinisikan pengertian kebutuhan.
·
Menjelaskan tentang
macam-macam kebutuhan , alat pemuas kebutuhan dan kegunaannya.
c. Konfirmasi
·
Siswa
mampu mengklasifikasikan jenis kebutuhan berdasarkan tingkatannya
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan
refleksi
b. Penilaian
·
Tes lisan dengan
beberapa pertanyaan (kognitif)
·
Lembar
pengamatan (afektif)
·
Lembar
pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan
soal-soal evaluasi
G. Sumber dan Alat
Buku teks, LCD, spidol
H. Penilaian
a.
Tes
Lisan
b.
Tes
Tertulis : Pilihan Ganda dan Essay
Jenis Tagihan :
Contoh :
1.
Segala sesuatu yang
diinginkan manusia tanpa mengganggu kelangsungan hidup manusia disebut…..
a) Kebutuhan
b) Keinginan
c) Kelangkaan
d) Kemauan
e) Kehendak
2.
Menurut waktu pemenuhan
belajar dan menuntut ilmu adalah kebutuhan….
a) Sekarang
b) Masa depan
c) Sepanjang waktu
d) Insidentil
e) Tidak terduga
3.
Layang-layang baru
dapat dimainkan jika sudah dipasang benang, maka benang disini untuk
layang-layang termasuk benda….
a) Bebas
b) Konsumsi
c) Produksi
d) Substitusi
e) Komplementer
4.
Berikut ini yang
termasuk ownership utility yaitu….
a) Batu dibuat arca
b) Kayu dibawa dari hutan ke kota
c) Cangkul dibeli untuk mencangkul
d) Kendaraan bermotor dijual di toko
e) Kayu sebagai bahan baku membuat meja
5. Berikut ini yang termasuk kebutuhan
primer adalah ....
a)
Pakaian
dan Alat komunikasi
b)
Pakaian
dan Alat transportasi
c)
Furniture
dan Villa
d)
Villa
dan Makanan bergizi
e) Makanan bergizi dan
Pakaia
6.
Coba kamu kemukakan
penyebab perbedaan kebutuhan masing-masing individu.
7.
Sebutkan macam-macam kebutuhan berdasarkan sifatnya
8.
Jelaskan perbedaan antara kebutuhan dan
keinginan!
9.
Pikirkan semua benda yang kamu butuhkan untuk
menjalani aktivitasmu mulai dari bangun tidur sampai nanti tidur lagi, tuliskan
dalam sebuah daftar!
10.
Jelaskan mengapa kebutuhan manusia selalu
bertambah!
·
Teknik
Penilaian
Kunci Jawaban : B, C, E, C E
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kebutuhan masing-0masing individu ,
antara lain agama, kondisi alam, kebudayaan, pendapatan dll.
Kebutuhan rohani dan jasmani.
·
Skor Penilaian
Nomor 1-5 : 10 x 5
= 50
6-10 :10 x 5 = 50
Total 100
Demak, 11
Juli 2011
Mengetahui
Kepala SMA I Mranggen Guru Mata Pelajaran
Drs. Slamet Hartoyo Risa
Ari Ani, SE
NIP. 195608131988031004 NIP.
19840130200604200
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMA
Negeri 1 MRANGGEN
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Ekonomi
|
Kelas/Semester
|
:
|
X (sepuluh) / 1
|
Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan ekonomi
dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem
ekonomi.
Kompetensi Dasar : 1.2 Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi
yang langka dan kebutuhan manusia yang
tak terbatas.
Indikator : 1. Mendeskripsikan
pengertian kelangkaan.
2. Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab
kelangkaan.
3. Mengidentifikasi pengalokasian
sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak.
4. Bersikap rasional dalam menyikapi berbagai
pilihan.
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat mendeskripsikan pengertian kelangkaan.
b) Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kelangkaan.
c) Siswa dapat mengidentifikasi mengidentifikasi pengalokasian sumber daya
yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak.
d) Siswa dapat bersikap rasional dalam menyikapi berbagai pilihan.
B.
Kecakapan Hidup
Menggali informasi, mengolah informasi , komunikasi lisan,
komunikasi tertulis, mengidentifikasi variabel dan merumuskan hipotesis
C.
Materi Pokok
Kelangkaan dan pengalokasian sumber daya
ekonomi
D. Uraian Materi
a)
Pengertian
kelangkaan
b)
Penyebab
kelangkaan
c)
Penentuan
alokasi sumber daya ekonomi
d)
Sikap
rasional dalam memenuhi kebutuhan
Kelangkaan(Scarcity) dan biaya peluang
Kelangkaan adalah kondisi dimana
kita tidak mempunyai cukup sumber daya untuk memenuhi kebutuhan kita.
Faktor-faktor penyebab kelangkaan :
1. Kebutuhan manusia terus meningkat sedangkan sumber daya
alam baru belum ditemukan
2. Sebagian besar manusia memiliki sifat serakah, akibatnya
persediaan sumber daya alam cepat berkurang dan rusak
3. Persediaan sumber daya alam terbatas
4. Kemampuan manusia mengolah sumber daya alam terbatas
Alokasi Sumber Daya
1. Sumber Daya Modal
Macam – macam modal
2. Sumber Daya Manusia
Macam-macam tenaga
kerja :
a. Tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih
b. Tenaga kerja terdidik dan terlatih
c. Tenaga kerja terlatih
Tenaga
kerja terlatih
3. Sumber Daya Alam
Macam-macam sumber
daya alam : Energi, Tambang, Udara, Hutan, Air, Tanah
Hutan merupakan SDA
yang perlu dijaga kelestariannya
|
E.
Pendekatan
Kontekstual
F.
Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok dan studi kepustakaan
G. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru
mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang kebutuhan. Banyak
kebutuhan yang tidak terpenuhi karena keterbatasan sumber daya ekonomi.
Kemudian guru mempersilahkan siswa memasuki ruang audio visual untuk melihat
tayangan yang berhubungan dengan masalah kelangkaan. Selama kegiatan tersebut,
guru menghimbau siswa untuk mencatat hal-hal yang penting.
b. Motivasi
Masalah kelangkaan
adalah inti dari pembahasan mengenai masalah ekonomi.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
w Memberikan kebebasan pada siswa untuk mencari definisi
kelangkaan
w Memberikan konsep
mengenai pengertian kelangkaan, faktor-faktor penyebab kelangkaan,
pengalokasian sumber daya.
Elaborasi
w Mendiskusikan
cara-cara mengatasi kelangkaan
Konfirmasi
w Siswa mampu
menyebutkan cara-cara mengatasi kelangkaan.
w
Menugaskan siswa
mencari faktor-faktor penyebab kelangkaan di lingkungan sekitar.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
Hasil kerja kelompok (kognitif)
·
Lembar
pengamatan (afektif)
·
Lembar
pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan
soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.
d. Siswa diberi
tugas untuk mencari artikel koran dan majalah yang berkaitan dengan masalah
kelangkaan.
H.
Sumber dan Alat
Buku teks, OHP, spidol
I.
Penilaian
Tes Lisan
Tes Tertulis :
Pilihan Ganda dan Essay
Contoh :
·
Jenis Tagihan :
Pilih satu jawaban yang paling tepat !
1.
Segala sesuatu yang harus dipenuhi agar kelangsungan hidup manusia tidak
terganggu disebut…..
a. Kelangkaan
d. kebutuhan
b. Kemakmuran
e. Kemampuan
c. Keinginan
2.
Kebutuhan yang menyangkut hubungan antar manusia dalam masyarakat karena
manusia tidak dapat hidup sendiri disebut kebutuhan….
a. Kebutuhan
jasmani
d. Kebutuhan psikologis
b. Kebutuhan rohani e.
Kebutuhan kolektif
c. Kebutuhan
social
3.
Mobil mewah dan kapal pesiar bagi orang kaya termasuk kebutuhan….
a. Mutlak
d. Tersier
b. Primer
e. Rohani
c. Sekunder
4.
Tukang ojek membutuhkan sepeda motor untuk menjalankan usaha jasanya
sehingga sepeda motor merupakan kebutuhan....
a. Mutlak
d. Tersier
b. Primer e. Rohani
c. Sekunder
5.
Pernyataan dibawah ini yang bukan merupakan faktor yang mempengaruhi
kebutuhan manusia adalah...
a. Keadaan
alam dimana manusia tinggal
b. Sifat alami manusia yang selalu
merasa cukup
c. Adanya
perdagangan internasional
d. Adat
istiadat lingkungan sekitar
e. Kemajuan
ilmu pengetahuan dan teknologi
6.
Menjelang hari Raya Idul Adha , kebutuhan akan kambing kurban meningkat
tajam melebihi hari-hari biasa.Hal tersebut menunjukkan bahwa kebutuhan manusia
dipengaruhi oleh...
a. Adat
istiadat
d. Teknologi
b. Peradaban
e. Keadaan alam
c. Agama
dan kepercayaan
7.
Layang layang tidak akan dapat diterbangkan tanpa adanya benang , layang
layang dan benang termasuk benda....
a. Benda
ekonomi
d. Benda komplementer
b. Benda non ekonomi e.
Benda produksi
c. Benda substitusi
8.
Tanah dan rumah dapat digunakan sebagai jaminan kredit jangka panjang,
tanah dan rumah termasuk barang...
a. Berharga
d. Modal
b. Bergerak
e. Mahal
c. Tak
bergerak
9.
Berikut yang termasuk benda ekonomi dibawah ini adalah....
a. Es di
kutub
d. Air di danau
b. Pasir
di sungai
e. Ikan di laut
c. Ikan
di warung
10.
Tanah akan lebih bermanfaat jika dimiliki oleh seorang petani dibandingkan
jika dimiliki seorang dokter.Peningkatan kegunaan karena benda tertentu
dimiliki orang yang tepat dalam memenuhi kebutuhannya disebut…
a. Place
utility d.
Form utility
b. Time utility
e. Ownership utility
c. Service
utility
1. Jelaskan
definisi kelangkaan dalam ilmu ekonomi!
2.
Sebutkan factor-faktor penyebabkan kelangkaan!
3.
Sebutkan sumber daya yang mendatangkan manfaat
hidup rakyat banyak!
4.
Golongkan macam-macam sumber daya mana yang
sebaiknya dikelola Negara dan mana yang
sebaiknya dikelola swasta, beri alasannya!
5. Jelaskanlah
cara yang harus dilakukan seseorang dalam menghadapi berbagai pilihan dan pada
akhirnya mengambil keputusan!
·
Teknik
Penilaian
Penugasan
Demak, 11
Juli 2011
Mengetahui
Kepala SMA I Mranggen Guru Mata Pelajaran
Drs. Slamet Hartoyo Risa
Ari Ani, SE
NIP. 195608131988031004 NIP.
19840130200604200
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMA
Negeri 1 MRANGGEN
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Ekonomi
|
Kelas/Semester
|
:
|
X (sepuluh) / 1
|
Standar Kompetensi :1. Memahami permasalahan ekonomi dalam
kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.
Kompetensi Dasar : 1.3 Mengidentifikasi masalah pokok
ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi.
Indikator : 1. Mendeskripsikan
barang apa yang diproduksi.
2. Mendeskripsikan bagaimana cara memproduksi barang.
3. Mendeskripsikan untuk siapa barang
diproduksi.
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat mendeskripsikan barang apa yang diproduksi.
b) Siswa dapat mendeskripsikan bagaimana cara memproduksi barang.
c) Siswa dapat mendeskripsikan untuk siapa barang diproduksi.
B.
Kecakapan Hidup
Menggali informasi, mengolah informasi , komunikasi lisan, komunikasi
tertulis, mengidentifikasi variabel dan merumuskan hipotesis
C.
Materi Pokok
Masalah ekonomi tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi.
D. Uraian Materi
a) Barang apa yang akan diproduksi dan berapa jumlahnya.
b)
Bagaimana
cara memproduksi barang.
c) Untuk siapa barang tersebut diproduksi.
Pokok Permasalahan Ekonomi
1. Masalah Pokok Ekonomi Menurut Aliran Klasik
Ekonomi klasik
diawali oleh Adam Smith.
Menurut Adam smith kemakmuran tidak terletak pada emas, melainkan pada barang-barang.
Kemakmuran menunjukkan suatu keadaan yang seimbang antara kebutuhan dengan
benda pemuas kebutuhan. Proses untuk mencapai suatu masyarakat tidaklah mudah.
Hal ini yang menjadi masalah pokok ekonomi di masyarakat.
Menurut teori ilmu ekonomi klasik,
masalah pokok ekonomi dapat digolongkan menjadi tiga permasalahan penting,
yaitu masalah produksi, masalah distribusi dan masalah konsumsi.
a. Masalah produksi
Kegiatan produksi
Untuk mencapai kemakmuran, barang-barang
kebutuhan harus tersedia ditengah masyarakat. Karena masyarakat sangat
heterogen, maka barang-barang yang tersediapun beragam jenisnya sehingga muncul
permasalahan bagi produsen, yaitu barang apa saja yang diproduksi.
b. Masalah Distribusi
Agar barang/jasa yang telah dihasilkan dapat
sampai pada orang yang tepat, dibutuhkan sarana dan prasarana distribusi yang
baik. Contoh, dari kebun hasil panen perlu alat angkut yang ditunjang prasarana
jalan yang baik agar hasil panen cepat sampai ke tanggan konsumen dan tidak
tertimbun diprodusen
Kegiatan distribusi
c. Masalah Konsumsi
Permasalah yang muncul dalam masalah
konsumsi adalah apakah barang tersebut akan dikonsumsi dengan tepat oleh
masyarakat yang benar-benar membutuhkannya atau menjadi sia-sia karena tidak
terjangkau oleh masyarakat sehingga proses konsumsi tidak berjalan sebagamana
mestinya.
Kegiatan konsumsi
2.
Masalah Pokok Ekonomi Menurut Aliran Modern
Permasalahan ekonomi menurut aliran modern ini mempunyai masalah paling sedikitnya tiga masalah pokok yang
dihadapi setiap perekonomian dan harus dipecahkan oleh masyarakat sebagai
subjek ekonomi.
a.
Barang dan jasa apa yang akan diproduksi dan berapa banyak? (What and How Much? )
Masyarakat
dapat memilih satu atau beberapa jenis barangdan jasa yang akan diproduksi
dengan perbandingan tertentu. Pilihan yang dilakukan masyarakat ini tentunya
yangdipandang paling menguntungkan dan memeberikan manfaat yang paling besar
bagi masyarakat guna memenuhi kebutuhan.
b.
Bagaimana cara
memproduksinya? (How? )
Pertanyaan
ini menyangkut teknik produksi yang diterapkan dan kemampuan mengombinasikan
faktor-faktor produksi atau sumber daya yang ada dalam proses produksi.
c.
Untuk siapa barang atau jasa dihasilkan? ( for Whom? )
Pertanyaan
ini menyangkut masalah untuk siapa atau lapisan masyarakat mana yang menikmati
barang dan jasa yang diproduksi. Apakah setiap warga mendapat bagian yang sama
atau berbeda?.
Ketiga masalah diatas yaitu what, how, dan
for whom bersifat fundamental dan bersifat kait-mengkait satu dengan yang
lainnya serta selalu dihadapi oleh setiap negara, baik negara sedang berkembang
maupun negara yang sudah maju.
E.
Pendekatan
Kontekstual
F.
Metode Pembelajaran
Diskusi
kelompok dan studi kepustakaan
G.
Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu
tentang kelangkaan. Kemudian guru mengaitkan masalah kelangkaan tersebut dengan
masalah tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi serta memberi
penjelasan yang singkat dan jelas tentang materi yang baru dan kompetensi yang
harus dikuasai.
b. Motivasi
Masalah tentang apa, bagaimana dan untuk
siapa barang diproduksi adalah masalah ekonomi yang paling mendasar, sehingga
harus dipahami dengan tuntas.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
· Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok, di mana
masing-masing kelompok terdiri dari 10-12 orang (disesuaikan dengan jumlah
siswa).
Elaborasi
· Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan
barang apa yang diproduksi.
· Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan
bagaimana cara memproduksi.
· Kelompok ketiga diberi tugas untuk mendeskripsikan
untuk siapa barang barang diproduksi.
Konfirmasi
· Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di
depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
· Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
·
Tes lisan dengan
beberapa pertanyaan (kognitif)
· Lembar pengamatan
(afektif)
· Lembar pengamatan (psiko
motorik)
d.
Siswa
mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.
H.
Sumber dan Alat
Buku teks dan spidol
I.
Penilaian
Tes Lisan
Tes Tertulis :
Pilihan Ganda dan Essay
Contoh :
·
Jenis Tagihan :
Jelaskan persoalan pokok ekonomi!
Jelaskan permasalah pokok ekonomi klasik!
Jelaskan pokok permasalah ekonomi modern!
Demak, 11
Juli 2011
Mengetahui
Kepala SMA I Mranggen Guru Mata Pelajaran
Drs. Slamet Hartoyo Risa
Ari Ani, SE
NIP. 195608131988031004 NIP.
1984013020060420
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMA
Negeri 1 MRANGGEN
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Ekonomi
|
Kelas/Semester
|
:
|
X (sepuluh) / 1
|
Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan ekonomi
dalam kaitannya dengan kebutuhan
manusia,kelangkaan dan sistem ekonomi
.
Kompetensi Dasar : 1.4 Mengidentifikasi
hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain.
Indikator : 1. Membedakan biaya
sehari-hari dengan biaya peluang
2. Kurva kemungkinan
produksi
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
a)
Siswa
dapat membedakan biaya sehari-hari dengan biaya peluang.
b)
Siswa
dapat menjelaskan konsep yang terdapat pada kurva kemungkinan produksi.
B. Kecakapan Hidup
Menggali informasi, mengolah informasi , komunikasi lisan,
komunikasi tertulis, mengidentifikasi variabel dan merumuskan hipotesis
C. Materi
Pokok
Hilangnya
kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain.
D.
Uraian Materi
a) Arti biaya sehari-hari dan biaya peluang
b)
Kurva
kemungkinan produksi
Menentukan Pilihan
Manusia dalam memenuhi kebutuhannya tidak
dapat terlepas dari sumberdaya dan alat pemuas kebutuhan yang ada. Namun dalam
pemenuhannya terbentur pada keterbatasan sumber daya dan alat pemuas
kebutuhan. Dalam menentukan pilihan dari
berbagai alternatif kita harus berusaha memilih berbagai alternatif yang dapat
memenuhi kebutuhan untuk mencapai kepuasan. Agar kebutuhan seseorang terpenuhi
dibutuhkan berbagai kombinasi sehingga kepuasan bisa tercapai.
Dalam menentukan pilihan dikenal
macam-macam biaya yaitu:
Biaya adalah segala
sesuatu yang kita korbankan atau keluarkan untuk memperoleh sesuatu(dapat
berkaitan dengan uang atau tidak)
Biaya langsung
adalah biaya yang berhubungan dengan uang
Biaya peluang
adalah pengorbanan yang dilakukan seseorang karena mengambil sebuah alternative
pilihan keputusan.
Biaya sehari-hari
adalah biaya yang dikeluarkan secara rutin untuk memenuhi kebutuhan hidup
manusia yang vital.
Ciri khas biaya
sehari-hari
|
Ciri khas biaya
peluang
|
§ Merupakan prioritas pengeluaran
|
§ Perhitungan biaya peluang tidak selalu berhubungan
dengan uang, bias berupa waktu, kesenangan, keuntungan dimasa depan, dll
|
§ Harus dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan yang tidak
bias ditunda
|
§ Memiliki banyak kemungkinan penggunaan
|
§ Bila perlu mengorbankan kepentingan lain
|
§ Pengambilan keputusan biaya peluang tergantung pada
tujuan dan situasi individu
|
Contoh !
Seorang ibu rumah
tangga mempunyai uang Rp 1.750.000 sebulan. Dari uang tersebut jika dibuat
perhitungan biaya sehari-hari dan peluang adalah sebagai berikut :
No
|
Macam – Macam Biaya
|
Jumlah Pengeluaran ( Rp. )
|
1
|
Biaya Sehari – hari
· Makan Selama satu Bulan
· Membayar listrik dan air
· Biaya sekolah 3 anak
· Transportasi
· Lain – lain
|
Rp.700,000,-
Rp. 250,000,-
Rp. 350.000,-
Rp. 300,000,-
Rp.150.000,
|
Total Pengeluaran
|
Rp. 1.750,000,-
|
|
2
|
Biaya Peluang
Ø Rekreasi keluarga
Ø Baju Baru
Ø Sepatu dan sandal
Ø Handphone
|
Rp. 500,000,-
Rp. 200,000,-
Rp. 300,000,-
Rp.750,000,-
|
Total Pengeluaran
|
Rp. 1.750,000,-
|
E.
Pendekatan
Kontekstual
F.
Metode Pembelajaran
Diskusi
kelompok
G.
Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru
mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang kelangkaan yang
menyebabkan individu harus membuat pilihan. Kemudian guru mengaitkan materi
tersebut dengan hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi
di bidang lain serta memberi penjelasan yang singkat dan jelas tentang materi
yang baru dan kompetensi yang harus dikuasai.
b. Motivasi
Pemahaman
mengenai konsep biaya peluang dan kurva kemungkinan produksi sangat diperlukan
untuk mempermudah pemahaman materi selanjutnya.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
· Siswa dikelompokkan menjadi enam kelompok, di
mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah
siswa).
Elaborasi
· Kelompok pertama
diberi tugas untuk mendeskripsikan pengertian
biaya.
· Kelompok kedua
diberi tugas untuk mendeskripsikan pengertian biaya peluang.
· Kelompok ketiga
diberi tugas untuk mencari perbedaan biaya sehari-hari dengan biaya peluang.
· Kelompok keempat
diberi tugas untuk mendeskripsikan pengertian laba akuntansi dan laba ekonomi.
· Kelompok kelima
diberi tugas untuk membuat contoh soal tentang laba akuntansi dan laba ekonomi.
Konfirmasi
· Kelompok keenam
diberi tugas untuk menjelaskan konsep yang terdapat pada kurva kemungkinan
produksi.
· Masing-masing
kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain
menanggapi.
· Dengan bimbingan
guru, siswa membuat kesimpulan.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
·
Hasil
kerja kelompok (kognitif)
·
Lembar
pengamatan (afektif)
·
Lembar
pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan
soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.
d. Siswa diberi
tugas untuk mencari artikel koran dan majalah yang berkaitan dengan masalah
kelangkaan.
H.Sumber
dan Alat
Buku
teks, LCD, spidol
I.Penilaian
c.
Tes
Lisan
d.
Tes
Tertulis : Pilihan Ganda dan Essay
Jenis Tagihan :
Contoh :
Pilih salah satu
jawaban yang kamu anggap paling tepat!
1. Biaya
yang dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia yang vital secara rutin
adalah…
a. Biaya
sehari-hari d. Marginal cost
b. Biaya
peluang e. Scarcity problem
c. Pengorbanan
ekonomi
2. Suatu
pengorbanan yang harus dilakukan karena dipilihnya suatu alternative tertentu
diantara berbagai pilihan ekonomi disebut….
a. Biaya
sehari-hari d. Marginal cost
b. Biaya
peluang e. Scarcity problem
c. Pengorbanan
ekonomi
3. Opportunity
cost adalah…
a. Sumberdaya
yang hanya dapat digunakan untuk satu tujuan
b. Biaya
yang dikorbankan untuk memenuhi kebutuhan yang lain
c. Biaya
yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan yang lain
d. Biaya
yang dikeluarkan setiap hari untuk memenuhi kebutuhan
e. Sumberdaya
yang digunakan untuk berbagai kebutuhan
4. Berikut
ini merupakan ciri-ciri system ekonomi:
1)
Kegiatan ekonomi bertumpu pada sector agraris
2)
Tidak mengenal spesialisasi
3)
Semua barang modal milik pemerintah
4)
Tidak mengenal hak milik pribadi
Ciri system ekonomi
terpusat ditunjukkan oleh nomor…
a. 1
dan 3 d. 2 dan 3
b. 1
dan 4 e. 3 dan 4
c. 1
dan 2
5. Salah
satu ciri system ekonomi campuran adalah…
a. Setiap
orang bebas memiliki barang modal
b. Kegiatan
ekonomi untuk memenuhi kebutuhan sendiri
c. Pemerintah
mengatur sector vital dan swasta yang tidak vital
d. Tidak
mengenal teknologi dan perdagangan
e. Masyarakat
tidak memiliki kebebasan
6. Sebagai
penyedia tenaga kerja kepada rumah tangga produksi maka rumah tangga konsumsi berhak menerima…
a. Laba d. Sewa
b. Komisi e. Upah
c. Bunga
7. What
adalah salah satu masalah ekonomi modern yang merujuk pada…
a. Barang
dan jasa apa serta seberapa banyak harus diproduksi
b. Bentuk
dan macam barang yang akan diproduksi
c. Kombinasi
sumber daya dan teknik yang akan digunakan
d. Seberapa
banyak kebutuhan yang harus dipenuhi
e. Kapan
barang dan jasa harus diproduksi
8. Salah
satu ciri system ekonomi pasar adalah…
a. Setiap
orang bebas memiliki barang modal
b. Kegiatan
ekonomi untuk memenuhi kebutuhan sendiri
c. Pemerintah
mengatur sector vital dan swasta yang tidak vital
d. Tidak
mengenal teknologi dan perdagangan
e. Masyarakat
tidak memiliki kebebasan
9. Sebagai
pemasok modal kepada rumah tangga produksi
maka rumah tangga konsumsi berhak menerima…
a. Laba d. Sewa
b. Komisi e. Upah
c. Bunga
10. How adalah
salah satu masalah ekonomi modern yang merujuk pada…
a. Barang
dan jasa apa serta seberapa banyak harus diproduksi
b. Bentuk
dan macam barang yang akan diproduksi
c. Kombinasi
sumber daya dan teknik yang akan digunakan
d. Seberapa
banyak kebutuhan yang harus dipenuhi
e. Kapan
barang dan jasa harus diproduksi
Demak, 11
Juli 2011
Mengetahui
Kepala SMA I Mranggen Guru Mata Pelajaran
Drs. Slamet Hartoyo Risa
Ari Ani, SE
NIP. 195608131988031004 NIP.
19840130200604200
Tidak ada komentar:
Posting Komentar